Kamis, 11 November 2010

PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA Segera Diterima 4.003 CPNS

PADANG - Formasi CPNS untuk provinsi dan kabupaten kota Sumbar tahun ini 4003 orang. Formasi terbanyak untuk guru, tenaga kesehatan dan teknisi. Sementara ujian tahap awal, direncanakan akhir November ini. Masyarakat diminta bersabar menunggu untuk jadwal penerimaan.
“Rincian formasi ini kami terima dari masing-masing BKB kabupaten/kota Selasa lalu. Formasi tahun ini lebih banyak untuk guru, kesehatan dan teknisi. Khusus provinsi, kita tidak membuka formasi guru,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman, kepada Singgalang, Kamis malam (11/11).
Dikatakannya, akhir bulan depan dilaksanakan ujian kemampuan dasar. Dari total 4.003 formasi, 1.582 orang untuk guru, 1.198 tenaga kesehatan dan 1.223 tenaga teknis. Sisanya formasi yang ada akan dijelaskan saat pengumuman berikutnya. Untuk pengumuman hingga pelaksanaan ujian, paling cepat diumumkan tengah bulan ini.
“Kami menargetkan ujian bisa dilaksanakan sebelum November berakhir. Kapan tanggal pastinya belum bisa kami jawab. Karena banyak kepala daerah belum menetapkannya,” jelas Jayadisman.
Menurutnya, pengumuman formasi akan disiarkan di media cetak dan internet. Pelamar bisa mempersiapkan kartu tanda pengenal, foto kopi ijazah yang berlegelisir, surat lamaran, IPK minimal 2,75.
“Persyaratan lamaran masing-masing daerah berbeda satu sama lainnya. Kita di provinsi diperkirakan tetap sama seperti tahun lalu. Persyaratan tidak akan memberatkan CPNS, agar lebih jelas bisa dilihat dalam pengumuman nantinya,” papar Jayadisman.
Setelah pengiriman syarat administrasi beserta lamaran, panitia di BKD masing-masing akan melakukan seleksi administrasi. Tenggat waktu antara pengumuman hingga batas pengiriman lamaran serta pemberkaskan, sebut Jayadisman, paling tidak memakan waktu seminggu. Untuk proses pengiriman, BKD bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia, tujuannya untuk mempermudah CPNS dalam mengirim surat lamaran. Tanpa harus datang ke daerah-daerah untuk memasukan lamaran.
Penerimaan CPNS hanya untuk tingkat pendidikan D-3 dan S-1. Untuk yang lulusan SMA, diharapkan menunggu sampai formasi diumumkan.
“Kita rencanakan untuk provinsi seperti tahun lalu, nomor ujian akan dikirimkan kembali via pos setelah panitia memastikan peserta memenuhi syarat administrasi,” kata Jayadisman lebih lanjut.
Ujian akan diselenggarakan setelah semua peserta mendapatkan nomor ujian. Peserta akan mengikuti tes kemampuan dasar (TKD). Setelah hasil TKD didapat, seleksi dilanjutkan dengan tes kemampuan bidang (TKB). Yang akan ikut TKB, adalah yang mendapat nilai tertinggi pada ujian TKD sebanyak dua kali jumlah formasi.
Tahun ini penyelenggaraan ujian dipercayakan kepada Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi (LD-FE) Universitas Indonesia. Hal itu berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang umumnya mempercayai UNP sebagai penyelenggara ujian CPNS. (*)
Dikutip dari : Singgalang 12/11/10
Copyright : Donal Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar