Selasa, 25 Oktober 2011

Kemenkop Bantu SMK Kosgoro 1 Solok Rp. 100 Juta

Solok (Sumbar), BAKINNews---Walikota (Wako) Solok, Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa mengatakan, keberadaan koperasi di Kota Solok mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Menurutnya, hal ini dicapai karena adanya pembinaan dari Pemko Solok dan semangat juang yang serius dari gerakan koperasi itu sendiri.

“Dari jumlah koperasi sebanyak 63 buah, tercatat jumlah anggota 10.233 orang, asset Rp. 630 Miliar lebih dah SHU Rp. 2 Miliar lebih dan menyerap tenaga kerja sebanyak 258 orang. Rata-rata mengalami peningkatan kurang lebih 55% dari Tahun 2010,” ujarnya ketika memberikan sambutan pada Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 39, Hari Koperasi ke 64 dan Hari Keluarga ke 18 Tahun 2011, di Kota Solok, Selasa lalu (26/7).

Sampai pertengahan Juni 2011, lanjut Irzal, prosentase pelaksanaan RAT Koperasi telah mencapai 74%. Atau, 35 koperasi dari jumlah 47 koperasi yang aktif telah melaksanakan RAT. Pertumbuhan dan perkembangan perkoperasian di Kota Solok telah menarik perhatian pula dari Kementerian Koperasi di Jakarta. Wako Irzal mengungkapkan, Kementerian Koperasi telah memberikan bantuan Program Tempat Praktek Keterampilan Usaha (TPKU) Tahun 2011.

Masing-masing sebesar Rp. 100 Juta yaitu bantuan kepada Koperasi Kosgoro untuk usaha Bengkel Elektronik dan kepada SMK Muhammadyah untuk usaha Bengkel Sepeda Motor. “Kita berharap kedua koperasi dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan maksud dan tujuan yang telah ditentukan,” pintanya serius. Sementara itu terkait HKP, dia mengingatkan para petani untuk bisa mengantisipasi dampak terjadinya perubahan iklim. Caranya, para petani agar secara aktif mengikuti perkembangan informasi dari media massa dan petugas penyuluh pertanian dilapangan. Dengan cara ini, ucapnya optimis, para petani akan mampu menata pola tanam dan usaha taninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar